Ketika Burung Perkutut Impor Kembali Booming di Indonesia

Burung perkutut impor kembali mendapat hati di Indonesia di era ke emasan burung impor tahun 1990an beberapa peternak papan atas Thailand produknya laris manis di Indonesia. Sebut saja TL, VP, DN, KPP, RPP, MLT, SPT adalah sederet nama peternak Thailand yang namanya dekat dengan peternak Indonesia. Bahkan beberapa diantaranya produk impor tersebut menjadi salah satu idola jawara lomba di Indonesia, bahkan beberapa produk turunan (F1) impor X lokal menjadi booming karena kualitasnya memberi warna yang berbeda.

Ramai-ramai berburu produk Thailand

Dipertengahan tahun 2007 sampai saat ini burung impor seakan kembali pada trendnya, banyak kungmania Indonesia berburu burung impor. Mereka sebagian besar untuk komposisi kandang yang memang butuh suntikan indukan gress. Alhasil beberapa produk impor sukses dikembangkan di Indnesia., bahkan produk turunannya mampu memberikan trend suara burung bagi perkututan di Indonesia. Sampai sampai trend suara tersebut mengalahkan nilai pakem seni suara burung di Indonesia. Namun kondisi ini dibiarkan mengalir saja, ujung-jujungnya kondisi tersebut malah membuat kungmania Indonesia ketagihan akan berburu burung impor.

Booming ini sendiri semakin kentara di awal tahun 2009, sebagian besar kungmania Indonesia langsung incar incar info indukan berlabel impor. Ada yang menggunakan jasa importir, ada yang nekat terbang sendiri ke negeri Gajah Putih. Mereka sudah terpola dengan tipikal suara burung impor dan turunannya karena memang memberikan warna dan pengaruh yang besar terhadap kualitas burung. Sebut saja suara jung, saat ini adalah syarat utama untuk bandrol jual. Dengan kualitas ujung yang bagus harga  menjadi selangit tentunya suara depan dan tengah plus iramanya menunjangnya.

PRODUK SELATAN DIBURU


image, perkutut, birdfarm, thailand, info perkutut, ternak burung, ternak perkutut, perkutut impor, perkutut bangkok, tpp, mlt, tuan pa, jakumad, thai sel, kungmania

Booming terhadap perkutut impor memang tidak ada masalah, hal ini terkait dengan kebutuhan dan kualitas yang memang melebihi produk Indonesia. Saat ini saja ada dua peternak Thailand Selatan yang jadi burung kungmania Indoenesia  MLT dan TPP yang menjadi salah satu peternak Thailand yang popular di Indoesia saat ini. Jakumad dan Tuan Pa Pujud pemilik MLT dan TPP Thailand Selatan ini merasakan sendiri produknya sedang booming di Indonesia. Jadi tak salah jika pasar keduanya saat ini benar benar joss di Indonesia bahkan dalam beberapakali kesembpatan lomba keduanya juga melakukan promosi produknya di Indoesia. Dan yang tak kalah hebohnya kedua produk peternak besar di Selatan tersebut saat ini jadi salah satu rising star di konkurs nasional untuk merebut prestasi tertinggi. - hen

BURUNG AGROBIS | No 457 Minggu III Januari 2009